LATIHAN UN I


Assalamualaikum warohmatullohi Wabarokaatuh.

Tugas untuk pertemuan daring pertama. Jawaban sementara boleh ditulis di buku catatan masing-masing. Setelah semua soal dikerjakan, jawaban kalian kirim ke email Ibu. Terima kasih.
Selamat mengerjakan dan tetap semangat.


Pilihlah option yang tepat untuk menjawab soal-soal di bawah ini.

1. Topik: Membaca Nonsastra
Indikator: Peserta didik mampu menentukan makna kata / kalimat pada teks


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaan berikut!
Semua manusia terlahir sebagai pembelajar. Akan tetapi, proses belajar yang dilakukan sedari kecil tanpa sadar sering dihalangi atau dilakukan oleh orang lain, terutama oleh orang tua, contohnya pada usia, bayi acapkali memasukkan benda ke dalam mulutnya. Orang tua biasanya akan menghabiskan atau memarahi perubahan kompilasi melakukan hal itu. Padahal, dalam tahap ini anak membutuhkan stimulasi agar proses belajarnya berjalan dengan baik. Sama halnya dengan kompilasi anak belajar berjalan. Orang tua tidak bisa melupakan bagaimana rasanya belajar tentang kesehatan.
Ketika anak mulai bisa berbicara, orang tua acapkali kesulitan menjawab pertanyaan yang diajukan. Hal ini mungkin terjadi karena menyetujui mengasuh anak atau kejemuan terhadap pertanyaan yang diajukan berulang kali. Tambahan pula, pada usia ini anak lebih sering membahas benda-benda di sekitarnya, terutama benda yang baru dilihatnya. Akan tetapi, reaksi orang tua akan menjauhkan benda-benda yang dianggap dapat menyelamatkan anak-anak mereka. Oleh karena itu, diperlukan penjelasan yang pantas tentang benda yang berbahaya atau tidak agar anak tidak lagi penasaran dan dibuang larangan dari orang tuanya.

Kata stimulasi pada paragraf pertama disetujui….
A. Sesuatu yang menjadi cambuk bagi peningkatan prestasi atau semangat belajar
B. Suatu dorongan atau rangsangan yang diberikan dari luar
C. Keberuntungan untuk mencari tahu sesuatu yang menarik perhatian
D. Kemampuan untuk mencari sesuatu dengan baik

 2. Topik: Membaca Nonsastra
Indikator: peserta didik mampu membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
  Teks I
Beberapa panggug hiburan disediakan di sekitar Bundaran HI sampai dengan Monas pada malam tahun baru nanti. Hal ini berarti ruas jalan lokasi panggung hiburan akan ditutup mulai saat itu.

Menurut Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan, Bambang Sugiono, ruas jalan mulai Harmoni ke arah Jalan Medan Merdeka Barat sampai Bundarah HI ditutup.

Teks II
Satuan Polisi Air dan Udara (satpolairud) Polres Garut Jawa Barat, mengingatkan agar wisatawan menghindari aktivitas berenang di pantai selatan Garut menjelang pergantian tahun. Hal ini dilakukan karena kemungkinan ancaman terjadinya ombak tinggi akibat cuaca yang tidak bersahabat.

"Gelombang mnecapai tiga meter, angin kencang karena sedang musim barat." ujar Kepala Satpolairud Polres Garut, AKP Tri Andri Jumat (29/12/2017).

Bacalah kedua teks berikut ini!


Kata tanya yang membedakan penyajian teks I dengan teks II pada paragraf pertama ini adalah….
A. Teks I: Apa Teks II: Siapa
B. Teks I: Bagaimana Teks II: Di mana
C. Teks I: Siapa Teks II: Apa
D. Teks I: Mengapa Teks II: Kapan

3. Topik: Membaca Nonsastra
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bagian teks (Pernyataan yang sesuai dengan isi teks)

Tanyakan paragraf berikut untuk menjawab pertanyaan berikut!
Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan membawa dampak positif. Dengan perkembangannya teknologi informasi, mulai terlihat perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan. Salah hanya terlihat dari cara mengajar yang lebih berkembang. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk mentransfer ilmu pengetahuan antara pengajar dan murid. Banyak perangkat lunak dan aplikasi yang dapat digunakan untuk proses transfer ini.
Jika dibuat menjadi teks eksposisi, paragraf tersebut termasuk bagian….
A. Pendahuluan
B. pernyataan pendapat
C. Argumentasi
D. Pernyataan ulang pendapat

4. Topik: Membaca Nonsastra
Indikator: Peserta didik mendapat penghargaan / kelemahan teks

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 4 dan 5!
Buku Pengantar Filsafat Pendidikan karya Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd ini membahas tentang pendidikan dari sudut pandang filsafat. Pendidikan tentang nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang pemaknaan pendidikan itu sendiri. Buku ini membahas perbedaan antara praktik pendidikan dan teori pendidikan.
Buku ini memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai tersebut karena membahas tentang pendidikan tidak dapat menyetujui dengan nilai. Akan tetapi, pembaca pada saat ini atau pembaca tidak bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak dapat disampaikan dengan baik.
Kalimat yang berisi keunggulan dari buku adalah ...
A. Pendidikan tentang nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang pemaknaan pendidikan itu sendiri.
B. Buku ini membahas perbedaan antara praktik pendidikan dan teori pendidikan.
C. Buku ini dapat memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai ini karena membahas pendidikan tidak dapat diselesaikan dengan nilai.
D. Akan tetapi, pembaca pada umumnya atau pembaca pemula tidak bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan dengan baik.

5. Topik: Membaca Nonsastra
Indikator: Peserta didik mampu mengomentari isi teks

Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Pada paragraf pertama, termasuk kata yang tidak baku.
B. Bahasa yang digunakan dalam teks terlalu berbelit-belit.
C. Dengan membaca ulasan ini, pembaca mungkin tidak akan tertarik untuk membeli bukunya.
D. Resensi ini tidak lengkap karena tidak ada rekomendasi tentang buku.

 6. Topik: Membaca Sastra
Indikator: Peserta didik mampu menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 6—7!
Saat hari di saat matahari hampir tiba, kucing kota dengan bulu lebat dan menawan datang menjenguk saudaranya di desa. Sang kucing desa menjamu kucing kota dengan makanan sederhana. Ia pun mengunyah hidangan itu dengan sangat sopan karena itu adalah yang disediakan basa-basi belaka. Setelah makan, mereka pun bercengkerama. Kucing desa sangat tertarik mendengar cerita dari kucing kota dan ingin sekali merasakan hidup di kota. Lalu, mereka berangkat ke kota dengan harapan penuh.
Sampailah mereka di sebuah rumah yang cukup besar dan mewah. Saat masuk, kucing desa kaget dengan makanan di atas meja, dia mencium aroma yang sangat enak dan enak. Tidak lama kemudian penghuni rumah datang dan melihat kucing desa di atas meja mengendus makanan. Dengan penuh amarah, penghuni rumah mengambil sapu lalu melepaskan kucing desa. Kucing desa pun kesulitan. Lalu sang kucing kota beri tahu kepada kucing desa bukan lagi cara mendapatkan makanan di sini. “Pertama, biarkan para penghuni rumah makan dengan tenang. Kemudian kamu harus mendekatinya sambil meminta-minta dan mengesek-gesekan tubuhmu kepada mereka. Dengan cara itu, kamu pasti mendapatkan makanan dari mereka. ” jelas kucing kota. Kucing desa pun menerima, tetapi ia hanya mendapat sisa makanan berupa tulang belulang.
Kucing desa kecewa dengan keadaan di kota. “Aku memang memiliki kemewahan di sini, tetapi hidupku tidak tenang karena tidak bisa memulihkan makanan di atas meja. Aku hanya bisa makan makanan dari penghuni rumah. " katanya kepada kucing kota. Lalu, kucing desa kembali ke desanya. Ia bersyukur hidup sederhana di desa dengan penuh kedamaian dan nyaman yang kontras sekali dengan kehidupan di kota.

Makna kata bercengkerama dalam paragraf pertama adalah ....
A. Bertukar pikiran
B. Bercakap-cakap dengan senang
C. Melepas rindu dengan menceritakanita pengalaman pribadi
D. Berjalan-jalan keliling desa

7. Topik: Membaca Sastra
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bagian cerpen dan fabel

Manakah yang termasuk dalam bagian resolusi pada fabel?
A. Kucing kota menjenguk saudaranya di desa.
B. Dengan penuh amarah, penghuni rumah mengambil sapu lalu melepaskan kucing desa.
C. Lalu sang kucing kota menjelaskan cara mendapatkan makanan di sini.
D. Ia bersyukur hidup sederhana di desa dengan penuh kedamaian dan kenyamanan yang kontras sekali dengan kehidupan di kota.

8. Topik: Membaca Sastra
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bagian cerpen dan fabel

Bacalah kutipan teks berikut ini!
Setiap pagi hari Saddam membantu menyiapkan kue buatan untuk dibawa ke sekolah. Di sekolah, kue buatan sendiri itu akan dititipkan di kantin sekolah. Sepulang sekolah, Saddam akan membantu izin berjualan kue keliling kampungnya.
Penggambaran tokoh watak dalam cerpen tersebut dengan cara ....
A. Dialog antartokoh
B. perilaku tokoh
C. Secara langsung
D. Pikiran tokoh

9. Topik: Membaca Sastra
Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan sebab / sebab konflik

Tanyakan teks berikut ini untuk menjawab pertanyaan berikut!
Suatu hari seekor anjing pergi mencari makanan ke sebuah danau. Kadang ada makanan, kadang tidak ada makanan. Sang anjing menggunakan hidung, mata, dan telingannya untuk mencari makanan sampai ia mencium bau anyir. Lalu, dia ikuti Arah bau itu dan sampailah dia di situ. Namun, dia tidak menemukan ikan itu di tanah atau di dekat danau. Ketika dia menengadah, ia melihat seekor burung bangau bertengger di sebuah pohon dengan segala macam ikan. Burung bangau senang burung yang sering dilihat oleh sang anjing.
Sang anjing tersenyum bahagia karena dia telah menemukan makanan karena ada di dalam paruh burung bangau. "Ah, aku tidak perlu mencari tempat yang jauh karena aku sudah menemukan makanan yang aku cari dan makanan yang cukup untuk membuatku kenyang." pikir sang anjing. Sang anjing kini melihat sang burung bangau yang bertengger di pohon itu dengan rasa penuh kagum. Lalu, ia berkata sambil berteriak dengan keras, “Hai, burung yang indah dan cantik, kau kelihatan sangat cantik bertengger di dahan itu.” Sang burung bangau menoleh ke arah Sang anjing dengan memiringkan memperhatikan anjing sang anjing dengan sangat curiga, sang burung bangau tetap menutup paruhnya dan tidak membalas sahutan sang anjing.
“Lihatlah kakimu yang besar dan kuat itu,” kata sang anjing, “tubuhmu yang besar dan warna bulumu yang cerah seperti pelangi, sayapmu yang lebar itu sangat cantik, dan bulatmu yang panjang itu sangat indah.” Rayu sang anjing, “Burung indah seperti dirimu pasti memiliki suara yang cukup bagus dan merdu. Kau burung yang sempurna, kau yang bernyanyi dengan indah dan aku akan memujimu selayaknya sang ratu burung yang indah. ” Mendengar rayuan sang anjing yang membuat senang, sang burung bangau kini lupa akan rasa curiga dan ikan besar yang dipegang oleh mulutnya.
Sang burung bangau ingin sekali disebut-sebut sebagai sang ratu burung dan kini dia bisa bicara dan mengeluarkan suara-suaranya yang cukup keras tanpa sadar ia akan melewatkan ikan yang lebih dekat dengan anjing. Sang anjing yang berhasil mengelabui bangau segera menyambar ikan yang dilepaskan dari mulut bangau sembari berkata, "Kau memang burung besar dan cantik, kau punya suara tetapi tidak semerdu burung lain, apakah bisa membantu otakmu?" Kau menjatuhkan ikan yang cukup besar ini, aku sangat membantah. ” Sang anjing menggigit dan pergi dari Sang Burung sambil tersenyum manis dan Sang Sang Burung kini menyesali tindakannya.

Penyebab konflik dari fabel tersebut adalah ....
A. Sang anjing mencari makanan di tepi danau
B. Sang anjing melihat makanannya di dalam mulut sang bangau
C. Sang anjing menghargai sang bangau dengan kata yang indah-indah
D. Bangau membeli ikan, anjing berhasil mendapatkan makanannya

10. Topik: Membaca Sastra
Indikator: Peserta didik mampu membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel

Lihat kedua teks berikut! 

Perbedaan pola pengembangan ....
A. Fabel I: Menggunakan alur maju | Fabel II: Alur sorot balik
B. Fabel I: Menggunakan alur sorot balik | Fabel II: Alur maju
C. Fabel I: Menggunakan kata ganti dia | Fabel II: Tidak menggunakan kata ganti
D. Fabel I: Menggunakan Lampiran | Fabel II: Menggunakan dialog

11. Topik: Menulis Terbatas
Indikator: Peserta didik mampu menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks

Lihat teks berikut ini!
  1. Masak air sampai mendidih
  2. Kemudian tuang ke dalam cetakan
  3. Sediakan agar-agar, gula, santan, susu cokelat, vanili, dan telur
  4. Setelah mendidih, masukan agar-agar, vanili, gula, telur yang sudah dikocok, dan santan
  5. Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat

Urutan kalimat agar menjadi paragraf yang padu adalah….
A. 1-2-3-4-5
B. 3-1-4-5-2
C. 4-1-3-2-5
D. 5-2-4-3-1

12. Topik: Menulis Terbatas
Indikator: Peserta didik mampu melengkapi bagian teks

Lengkapilah paragraf deskripsi berikut!
Ruang yang diperbesar 5x7 m tersebut disetujui nyaman ditempati. Dindingnya dicat dengan warna abu-abu dan sedikit corak coklat pastel di sisi bawah. Tiga buah sofa berwarna merah, kuning, dan biru serta satu buah meja kayu diletakkan di tengah ruangan. Di pojok ruangan terdapat sebuah rak buku besar. (....)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf ....
A. Rak buku sebagian besar, majalah, dan koran yang disusun rapi dan urut.
B. Ada pot yang menjadi tempat tumbuh pohon palem kecil yang bersandar ke rak buku bercat hijau tersebut.
C. Di luar ruangan terdapat taman bunga mungil yang berjarak 3 mx 4 m.
D. Taman bunga tersebut ditanami dengan bermacam tanaman hias, seperti mawar, melati, dan bugenvil.

13. Topik: Menulis Terbatas
Indikator: Peserta didik mampu mengubah teks menjadi bentuk lain (dialog menjadi paragraf)

Bacalah puisi berikut ini!
Gadis Peminta-minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
Tengadah mempersiapkan pada bulan merah jambu
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
Kembali ke bawah jembatan yang melulur sosok
Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan
Gembira dari kemayaan riang

Parafrase yang sesuai dengan larik 1 dan 2 puisi tersebut adalah….
A. Setiap bertemu dengan gadis kecil berkaleng kecil itu, ia selalu tersenyum seolah-olah tidak mengenal duka sama sekali.
B. Pertemuan dengan gadis kecil selalu dinanti-nanti karena persetujuan dan keelokan senyumnya yang tak kenal duka nestapa.
C. Setiap kita bertemu dengan gadis kecil berkaleng kecil, aku diterima iba. Setiap senyummu terlalu kekal untuk mengenal duka dalam mengarungi hidup ini.
D. Gadis kecil peminta-minta tetap tabah hidup yang kadang tidak semanis permen.

14. Topik: Menulis Terbatas
Indikator: Peserta didik mampu menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks

Menerima kalimat-kalimat berikut!
  1. Ia mementaskan beberapa drama dan aktif membacakan puisi di depan publik.
  2. Tidak hanya menulis, ia juga ahli tampil di atas panggung.
  3. Saat ini ia sudah mulai membuka bakatnya di bidang yang didukung dengan menulis puisi, cerpen, dan drama di sekolahnya.
  4. Bakat Rendra di bidang sastra sudah mulai terlihat kompilasi ia mengenyam pendidikan sekolah menengah pertama.
  5. Puisinya pertama kali diterjemahkan pada tahun1952 di Majalah Siasat .

Susunan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf biografi yang padu adalah ....
A. 3) - 2) - 4) - 1) - 5)
B. 4) - 3) - 2) - 1) - 5)
C.3) - 4) - 2) - 5) - 1)
D. 4) - 3) - 1) - 5) - 2)

15. Topik: Menulis Terbatas
Indikator: Peserta didik mampu menulis dengan ilustrasi tertentu

Kunjungi data berikut! 
Pengunjung Taman Bunga Cempaka
Januari   1.234
Februari 1.122
Maret        987
April         342
Mei           587
Juni           844
Juli         1.004

Laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Pengunjung dari bulan Maret hingga bulan Juli terus meningkat. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.
B. Pengunjung paling banyak datang ke Taman Bunga Cempaka pada bulan Februari. Hal ini membuktikan lebih banyak tentang tanggal merah pada bulan itu.
C. Jumlah pengunjung bulan Maret lebih banyak dari bulan April. Pihak pengelola perlu melakukan promosi dan membuat acara agar jumlah pengunjung terus meningkat
D. Jumlah pengunjung tiga bulan pertama terus meningkat. Dibutuhkan kerja keras dari semua pihak penyelenggara agar jumlah pengunjung tetap banyak sepanjang tahun.

16. Topik: Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Indikator: Peserta didik mampu menunjukkan kata yang tidak sesuai dengan kaidah

Bacalah paragraf berikut!
Cinta sangat memerhatikan penampilannya. Ia tidak suka mengenakan pakaian berwarna-warni yang cocok untuk dipakainya. Warna kulitnya yang kuning langsat, jadi memikat banyak pria yang terlihat.
Kata berimbuhan yang penulisannya kurang tepat adalah….
A. Memerhatikan
B. Memakai
C. Mencolok
D. Memikat

17. Topik: Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Indikator: Peserta didik mampu memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf

Bacalah kalimat berikut ini!
Pemimpin perusahaan baru melakukan terobosan guna meningkatkan penjualan pada tahun ini.
Perbaikan dari kalimat tersebut agar tidak disetujui ganda….
A. Pemimpin perusahaan melakukan terobosan baru guna meningkatkan penjualan pada tahun ini.
B. Pemimpin perusahaan yang melakukan terobosan guna meningkatkan penjualan pada tahun ini.
C. Pemimpin perusahaan yang melakukan terobosan yang baru guna meningkatkan penjualan pada tahun ini.
D. Pemimpin perusahaan yang baru melakukan terobosan guna meningkatkan penjualan pada tahun ini.

18. Topik: Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Indikator: Peserta didik mampu menggunakan tanda baca

Ikuti kalimat berikut ini!
Untuk menyelesaikan ujian nasional: siswa menyetujui alat tulis pensil; penghapus; rautan; dan penggaris
Perbaikan dari penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah….
A. Untuk menyelesaikan ujian nasional, siswa menyiapkan alat tulis pensil, penghapus, rautan dan penggaris
B. Untuk menyelesaikan ujian nasional siswa menggunakan alat tulis: pensil, penghapus, rautan dan penggaris.
C. Untuk menyelesaikan ujian nasional, siswa menggunakan alat tulis pensil: penghapus: rautan: dan penggaris
D. Untuk menyelesaikan ujian nasional, siswa dapat menyiapkan alat tulis: pensil, penghapus, rautan, dan penggaris

19. Topik: Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Indikator: Peserta didik mampu memperbaiki masalah penggunaan ejaan (perbaikan kata)

Ikuti paragraf berikut!
Pesawat terbang mulai dari ketinggian, dataran hijau dan gunung batu berwarna kecoklatan mulai terlihat. Puncak gunung itu tertutup salju. Dataran itu terlihat berbentuk oval. Itu Lembah Kashmir, dataran hijau yang diapit Gunung Kashmir Utara, Pir Panjal, dan The Great Himalayan Range .
Memperbaiki kesalahan kata pada paragraf tersebut ....
A. Kecokelatan
B. Lembah kashmir
C. Mengapit
D. Bewarna

20. Topik: Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Indikator: Peserta didik mampu memperbaiki masalah penggunaan tanda baca

Cermati kalimat berikut!
Prof dr. Soeratno, Msi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kompetisi remaja.
Perbaikan dari kalimat tersebut adalah ...
A. Prof. dr. Soeratno, Msi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kompetisi remaja.
B. Prof. Dr. Soeratno, M.Si. Berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
C. Prof dr. Soeratno, MSi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kompetisi remaja.
D. Prof. dr. Soeratno, M.Si. Berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Pidato Persuasif

Materi dan Tugas 3 Kelas 7